Langsung ke konten utama

Indonesian Local Food (part 6)

DKI Jakarta 

Provinsi DKI Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa, menjadi ibu kota Republik Indonesia.  Salah satu kuliner khas dari Jakarta adalah minuman bir pletok.

Sumber: Majalah Kartini, 2016

Bir pletok adalah minuman khas Betawi merupakan kombinasi berbagai rempah yang direbus menjadi satu. Bahan-bahan dalam bir pletok terdiri dari cengkeh, jahe, jinten, daun pandan, sereh, kapulaga, dan kayu secang. Bir pletok adalah wine tiruan masyarakat Betawi yang tidak memiliki alkohol di dalamnya. Awalnya, masyarakat Belanda yang datang ke Jakarta sering mengadakan pesta yang tidak lepas dari minuman keras. Masyarakat Betawi yang mayoritas beragama Islam merasa risih terhadap kebiasaan orang Belanda yang gemar meminum minuman keras dan juga merasa iri karena tidak dapat meminum minuman keras. Oleh karena itu, masyarakat Betawi membuat minuman dengan warna yang menyerupai minuman keras namun tidak mengandung alkohol, yaitu bir pletok. Kata "pletok" sendiri diambil dari suara tutup botol wine yang dibuka. Bir pletok biasanya disajikan pada acara perkawinan yang mengisyaratkan kesuksesan suatu acara, khususnya acara perkawinan.
 Jawa Barat 

Provinsi Jawa Barat terletak di Pulau Jawa dan beribu kota Bandung. Terdapat salah satu makanan khas daerah di Jawa Barat yang terkenal, yaitu kerupuk melarat atau kerupuk miskin. 
Sumber: Liputan 6, 2016
Kerupuk melarat adalah salah satu oleh-oleh khas dari Cirebon. Pengolahan kerupuk ini berbeda dengan kerupuk lainnya. Jika kerupuk pada umumnya digoreng menggunakan minyak, kerupuk melarat digoreng menggunakan pasir. Pada tahun 1920-an lalu, masyarakat Cirebon mengalami depresi ekonomi yang menyebabkan sulitnya mencari dan menggunakan minyak goreng. Kejadian krisis tersebut mendorong kreativitas masyarakat untuk memanfaatkan pasir untuk menggoreng kerupuk dan ternyata hasilnya enak. Oleh karena itu, kerupuk ini disebut kerupuk melarat karena tidak digoreng menggunakan minyak. Kerupuk melarat biasanya dimakan bersama sambal oncom atau sambal dage.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hierarki Peraturan di Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "peraturan" didefinisikan sebagai tataan yang dibuat untuk mengatur. Nah, seringkali kita juga mendengar bahkan menyamakan "peraturan" dengan "ketetapan". Peraturan dibuat dan berlaku untuk seluruh masyarakat, sedangkan ketetapan dibuat dan berlaku hanya untuk anggota atau karyawan dalam suatu badan. Hierarki peraturan atau tata urutan peraturan di Indonesia mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Dalam suatu perusahaan, biasanya terdapat KKB atau Kesepakatan Kerja Bersama. KKB adalah kesepakatan hasil perundingan antara pengusaha dan pegawai yang tercatat pada instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan. KKB berisi tentang pengaturan status dan hubungan kerja, penetapan waktu kerja, lembur, cuti dan ijin, pengaturan upah dan gaji, kompensasi, dana kesehatan, pembinaan dan pengembangan, pesangon, uang ja

Pendirian Perusahaan

Dalam mendirikan perusahaan, terdapat beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Menetapkan visi, misi, tujuan, dan sasaran. Strategi dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Strategi adalah langkah menghimpun atau mendata seluruh aset, data, metode, serta hambatan yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan. Namun apabila strategi yang telah disusun terhambat, taktik dibutuhkan agar tujuan tetap dapat dicapai. Taktik adalah cara yang diimprovisasi untuk menghindari hambatan sehingga tujuan awal tetap dapat dicapai. Taktik juga dapat digunakan untuk mengecoh saingan. Selama pencapaian tujuan, tentu saja terjadi beberapa perubahan baik yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan. Perubahan strategi yang signifikan akan menimbulkan cost yang besar, sedangkan perubahan kecil tidak terlalu memengaruhi. Tujuan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Menentukan target pasar. Sebelum mendirikan perusahaan, terdapat 2 metode yang dapat dipilih untuk menentukan target pasar. Pertam