Langsung ke konten utama

Indonesian Local Food (part 12)

Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur adalah provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan yang beribu kota Samarinda. Salah satu kuliner yang khas dari provinsi ini adalah ayam cincane.
Sumber: Sajian Sedap, 2017
Ayam cicane adalah salah satu sajian dengan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu-bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas bagi Kalimantan Timur. Makanan ini biasanya disajikan pada acara besar, seperti pesta pernikahan atau penyambutan tamu kehormatan. Hidangan ayam cicane dapat dinikmati dengan sepiring nasi putih beserta sambal tomat untuk menambah cita rasa.
Kalimantan Utara 

Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan dengan ibu kota Tanjung Selor. Makanan yang khas dari Kalimantan Utara adalah sate temburung.
Sumber: Borneo Channel, 2016
Sate temburung adalah salah satu sajian khas Tarakan yang berbahan dasar kerang temburung. Kalimantan Utara kaya akan hasil laut sehingga terdapat berbagai jenis sajian seafood yang khas, salah satunya adalah sate kerang temburung ini. Makanan ini disajikan dalam bentuk sate dan dimakan bersama saat perayaan pergantian tahun baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hierarki Peraturan di Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, "peraturan" didefinisikan sebagai tataan yang dibuat untuk mengatur. Nah, seringkali kita juga mendengar bahkan menyamakan "peraturan" dengan "ketetapan". Peraturan dibuat dan berlaku untuk seluruh masyarakat, sedangkan ketetapan dibuat dan berlaku hanya untuk anggota atau karyawan dalam suatu badan. Hierarki peraturan atau tata urutan peraturan di Indonesia mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Dalam suatu perusahaan, biasanya terdapat KKB atau Kesepakatan Kerja Bersama. KKB adalah kesepakatan hasil perundingan antara pengusaha dan pegawai yang tercatat pada instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan. KKB berisi tentang pengaturan status dan hubungan kerja, penetapan waktu kerja, lembur, cuti dan ijin, pengaturan upah dan gaji, kompensasi, dana kesehatan, pembinaan dan pengembangan, pesangon, uang ja

Indonesian Local Food (part 6)

DKI Jakarta   Provinsi DKI Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa, menjadi ibu kota Republik Indonesia.  Salah satu kuliner khas dari Jakarta adalah minuman bir pletok. Sumber: Majalah Kartini, 2016 Bir pletok adalah minuman khas Betawi merupakan kombinasi berbagai rempah yang direbus menjadi satu. Bahan-bahan dalam bir pletok terdiri dari cengkeh, jahe, jinten, daun pandan, sereh, kapulaga, dan kayu secang. Bir pletok adalah wine tiruan masyarakat Betawi yang tidak memiliki alkohol di dalamnya. Awalnya, masyarakat Belanda yang datang ke Jakarta sering mengadakan pesta yang tidak lepas dari minuman keras. Masyarakat Betawi yang mayoritas beragama Islam merasa risih terhadap kebiasaan orang Belanda yang gemar meminum minuman keras dan juga merasa iri karena tidak dapat meminum minuman keras. Oleh karena itu, masyarakat Betawi membuat minuman dengan warna yang menyerupai minuman keras namun tidak mengandung alkohol, yaitu bir pletok. Kata "pletok" send

Pendirian Perusahaan

Dalam mendirikan perusahaan, terdapat beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Menetapkan visi, misi, tujuan, dan sasaran. Strategi dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Strategi adalah langkah menghimpun atau mendata seluruh aset, data, metode, serta hambatan yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan. Namun apabila strategi yang telah disusun terhambat, taktik dibutuhkan agar tujuan tetap dapat dicapai. Taktik adalah cara yang diimprovisasi untuk menghindari hambatan sehingga tujuan awal tetap dapat dicapai. Taktik juga dapat digunakan untuk mengecoh saingan. Selama pencapaian tujuan, tentu saja terjadi beberapa perubahan baik yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan. Perubahan strategi yang signifikan akan menimbulkan cost yang besar, sedangkan perubahan kecil tidak terlalu memengaruhi. Tujuan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Menentukan target pasar. Sebelum mendirikan perusahaan, terdapat 2 metode yang dapat dipilih untuk menentukan target pasar. Pertam